Langsung ke konten utama

Mahasiswa Baru

Mahasiswa Baru

Assalamualaikum wr.wb
Hai guys apa kabar ?😊😉 Semoga selalu sehat dan bahagia yak. Kali ini saya akan sharing-sharing tentang pengalaman pertama masuk ke perguruan tinggi. Langsung saja yak !
Pada saat tahun ajaran baru pasti siswa lulusan sekolah menengah atas atau yang sederajat berbondong-bondong untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Mereka memilih perguruan tinggi yang mereka sukai dan yang menurut tepat untuk dijadikan tempat menuntut ilmu demi mencapai cita-cita dimasa depan. Di perguruan tinggi tentunya berbeda dengan sekolah yang sebelumnya menjadi tempat menuntut ilmu. Di perguruan tinggi lingkungan dan sistem pembelajarannya tentu berbeda dengan di sekolah menengah atas. Di setiap perguruan tinggi mempunyai sistem pengenalan kampus dan sistem pembelajaran yang berbeda-beda.
Saya mendaftar di Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yogyakarta, disana saya menjalani proses Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan atau yang disingkat dengan PBAK. Ini berdeda dengan tahu-tahun sebelumnya. Saat tahun belakangan namanya berbeda yaitu Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan yang biasa disingkat dengan OPAK. Dari namanya saja sudah berbeda tentunya sistem pengenalannya pun berbeda. Kegiatan PBAK dilaksanakan selama tiga hari pada bulan Agustus. Kami disana dibekali mengenai berbagai peraturan yang berlaku di kampus, sistem pembelajaran, sistem akademik dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan kampus.
Pada kegiatan PBAK tentunya betemu dengan wajah-wajah baru baik dari prodi masing-masing maupun prodi lain yang ada di fakultas. Disana semua mahasiswa baru beradaptasi untuk mengenal teman baru yang asalnya berbeda-beda. Ada yang dari Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah maupun Sekolah Menengah Kejuruan. Hal tersebut menuntuk kita sebagai mahasiswa baru untuk lebih aktif dan berani dalam berkomunikasi dengan wajah-wajah baru. Dengan adanya hal tersebut mental kita lebih terbangun, yang tadinya pendiam dan pemalu mau tidak mau harus berani berpendapat dan berkomunikasi. Jika kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang disekitar kita, kita akan ketinggalan informasi dan kurang teman. Dalam kegiatan tersebut dengan adanya teman kita akan lebih mudah dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh kakak tingkat. Karena dengan adala link dari teman, kita dapat saling membantu satu sama lain dan menjalin silaturahmi. Yang nantinya akan berlanjut di keseharian saat kuliah sudah mulai berjalan. Bisa saling share mengenai mata kuliah yang mungkin lebih dikuasai oleh program studi lain baik yang satu fakultas maupun yang berbeda fakultas.
Saya sendiri sangan merasakan manfaat dari kegiatan PBAK tersebut, saya jadi mempunyai banyak kenalan dan sampai sekarang masih berkomunikasi dengan baik. Bahkan sampai ada yang sharing mengenai mata kuliah fisika dasar sesuai dengan prodi saya yaitu Pendidikan Fisika. Hal tersebut membuat saya senang karena bisa saling belajar dan mengingatkan dalam belajar. Ilmu kita jadi lebih bertambah dan bermanfaat bagi orang lain. Dalam hal ini kadang juga menimbulkan pertanyaan yang nantinya terjadi diskusi.
Setelah kegiatan PBAK juga ada makrab fakultas, jadi dari mahasiswa fakultas melakukan makrab bersama di Goa Cemara. Disana juga saya mendapat teman baru dan link baru. Jadi komunikasi itu sangat penting, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Jangan egois, apalagi kita sebagai anak rantauan. Harus bisa menghargai orang lain dan komunikasi dengan baik. Menjaga tata karma dengan teman dan masyarakat di tempat tinggal kita yang baru.

Sekian sharing-sharing dari saya semoga bermanfaat dan memotivasi. Sampai bertemu dicerita selanjutnya ya guys !!!
😍😍
Wassalamualaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Niat dan Habit

Semua orang pernah mengalami masa sulit Sederhana yang mungkin banyak orang mengalaminya Bangun pagi dan tidur lebih awal Terkadang tidak bisa kita hindari dengan adanya pekerjaan yang kita miliki Sering kali kita begadang karena tugas yang begitu banyak Akibatkanya kita terpaksa terjada sampai tengah malam Alhasil bangun siang Aku yakin itu menyebalkan Kita miss beberapa hal sholat, sarapan dan rutinitas pagi lainnya Tapi ya memang kita harus menguatkan diri kita dan berusaha menyelesaikan segala pekerjaan disiang hari Sehingga kita bisa melakukan hal lainnya tepat waktu Memulai memang tidak mudah Yang pasti kita harus berusaha mencobanya Dan kuatkan pikiran dan niat Insya Alloh semua akan berjalan lancar perlahan dan pasti Semangat yang lagi berusaha memperbaiki diri :) China, February 19

Another Level of Kangen

 Akhirnya bertemu... Malam ini aku tidur pukul 9 malam. Aku merasa cukup lelah, yang biasanya tidur pukul 12 malam. Ditidurku malam ini, aku terbangun pukul 1 dini hari. Dalam beberapa hari ini aku tak berani membuka mata ketika terbangun, karena takut akan gelapnya malam. Khawatir ada sesuatu yang hadir namun aku tak mau dan tak sanggup melihatnya. Terbangun yang kulakukan hanya mengecek ponsel untuk melihat waktu. Lagi, aku kembali terbangun dipukul 03.30 aku tak beranjak dari kasurku. Aku akhirnya bertemu kembali dengannya setelah tidak saling berbalas pesan kurang lebih 10 hari. Aku hanya tidak ingin merusakan hubungan baikku denganya. Aku biarkan pesan terakhir yang dia kirimkan padaku tanpa adanya jawaban dariku. Aku menguatkan diriku untuk fokus pada studiku dan akupun berharap dia fokus pada studinya. Aku tidak mau mengganggu dan terganggu oleh hal yang memang bukan prioritas kami. Sejujurnya kami tidak akrab, hanya tahu satu sama lain untuk waktu yang singkat.  Suatu ketika ki

Kamu

Tak perlu jadi seperti orang lain Kamu sudah tepat menjadi versi dirimu Cukup terus memperbaiki diri dan upgrade value dirimu Kamu pantas untuk hidup seperti apa yang kamu inginkan Perkataan orang lain kadang benar tapi banyak juga yang tidak cocok untuk kita Karena kita yang lebih tahu siapa diri kita Tetap berjalan dijalurmu Jangan sekali-kali goyah akan celoteh manusia yang hanya karena mereka iri pada dirimu Banyak hal yang lebih penting yang bisa kamu pikirkan dan pertimbangkan Tetap kuat dan semangat Jangan lupa tersenyum Senyummu itu manis dan membuat manusia lain senyum akan senyummu China, February 18th