Langsung ke konten utama

Sedikit Mengenal Sosok Aku

Tentang Aku
Oleh Najilul Barokah
Aku anak manusia dari pasangan luar biasa Jasman dan Siti Arti’ah asli darah Cilacap. Aku menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dengan konsentrasi Pendidikan Fisika.  Sudah 2 tahun lebih dengan berbagai macam hal yang kuhadapi. Aku di Jogja tinggal di PP Pesantren Al Munawwir Komplek Q Krapyak sejak Juli 2019. Sebelumnya aku tinggal di kos daerah Sapen selama 2 tahun. Kesadaran bahwa aku masih belum cukup ilmu agama aku memutuskan untuk bertempat tinggal disana. Ketika aku masih tinggal di kos aku memang suka keluar malam ke warung kopi untuk rapat dan sesekali nongkrong bersama anak-anak daerah untuk membahas kegiatan. Tak jarang biasanya hingga larut malam, pernah juga hingga pagi. Lain hal dengan itu aku juga sering menjelajahi kos teman-temanku. hampir semua kos teman-temanku yang di Sapen sudah aku cicipi, karena aku memang suka mencoba dan ingin lebih mengenal teman-temanku meskipun ya itu sangat merepotkan mengganggu waktu teman-temanku. Aku suka mencoba hal-hal baru karena seperti masih pencarian passion sampai pernah mengikuti suatu kegiatan kemudian tidak berlanjut karena passion-ku tidak disitu. Aku suka berkegiatan di lapangan, suka ke hutan intinya kegiatan outdoor. Terus suka kan bikin story WA ngga jelas sampe kalo ketemu orang-orang yang liat story-ku dimarahin lah aku. Tapi ya itulah dimarahin malah semakin menjadi.
Aku suka makan sih, meskipun banyak yang bilang aku kurus tapi sebenarnya aku ngabis-ngabisin makanan sih. Bangun tidur kalo ada makanan ya aku makan. Aku juga suka masak sik meskipun ngga enak-enak banget malah kadang rasanya amburadul. Suka bikin roti-rotan juga maksudnya roti beneran tapi jenis-jenis roti.  
Aku orangnya cukup egois sih, misal nih bukan jatah piketku ngambil nasi dan yang aslinya piket memang masih ada kegiatan diluar nah kadang aku males dong mau ngambil. Ya itulah tapi karena hidup bareng dan banyak orang-orang sekitar yang menyadarkan. Toh nantinya itu semua kembali ke kita. Aku orangnya baperan sih kadang-kadang, baper karena hal kecil tapi kalo dipikir-pikir ya kadang malu sendiri. Tapi karena lingkungan aku menyadari harus bisa mengolah emosi dengan benar. Aku mulai sedikit-sedikit meredakan emosi. Terus ya namanya sama temen kadang aku mah its ok aja ya kalo temen belum selesai tugasnya aku bantuin, meskipun kalo dipikir aku loh udah pusing-pusing ngerjain malah dia tinggal nulis tapi ya udahlah namanya juga sama temen. Pernah juga aku malah diperlakukan sebaliknya sama temen sendiri. Ya itu menyadarkanku untuk tidak membantu menyelesaikan tugas teman seinstan itu.
Aku orangnya cukup ambis tapi yang salah adalah aku semangat untuk mencapai suatu hal tapi kurang memperhatikan persiapan. Ya apalah arti semngat kalo usahanya kurang. Usaha aja ngga akan cukup, bakalan ke tendang sama mereka-mereka yang siap dan semangat. Aku juga kadang suka lupa waktu kalo udah enjoy sama satu hal sampe lupa sama hal yang lain. Akhirnya sadar kalo udah merasakan akibatnya. Dulu aku juga terlalu gila akan organisasi sampe-sampe lupa yang seharusnya jadi prioritas. Namanya juga udah betah ya, tapi ya itulah menyadarkanku segala sesuatunya harus seimbang meskipun butuh usaha cukup keras.
Aku juga suka fotografi dan desain grafis. Ngga jago-jago amat dan mungkin ilmu tentang fotogafi dan desain grafis masih dikit tapi suka coba-coba. Kalau desain grafis udah pernah bikin line art, color splash sama vektor tapi ya gitu amatiran.
Aku suka anak kecil sampai pernah aku ke rumah temanku yang punya adik kecil dan aku bermain dengan adiknya sampai ibunya temanku bilang ngga punya adik kecil ya pantesan seneng main sama adiknya Alfi kalo kesisni. Dalam hari iya bu pengen punya adik kecil soalnya. Ditambah karena aku sering menonton kanal youtube dari Dzawin Nur yang sering berpetualang dan melakukan kegiatan sosial ke luar Jawa yang mana disana masih kekurangan tenaga pendidik. Dari situ menambah semangat ku untuk mendapat kesempatan bisa berbagi dengan teman-teman yang kekurangan tenaga pendidik dan tidak seberuntung kita bisa merasakan pendidikan dengan layak.
Itu juga sejalan dengan cita-citaku yaitu untuk menjadi tenaga pendidik sefrekuensi juga dengan konsentrasi yang aku ambil di UIN Sunan Kalijaga. Melalui kegiatan relawan code semga bisa menyalurkan ada yang aku miliki. Semoga bisa istiqomah dan bersama-sama mengabdi kepada masyarakat dalam bidang pendidikan maupun yang lainnya.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Niat dan Habit

Semua orang pernah mengalami masa sulit Sederhana yang mungkin banyak orang mengalaminya Bangun pagi dan tidur lebih awal Terkadang tidak bisa kita hindari dengan adanya pekerjaan yang kita miliki Sering kali kita begadang karena tugas yang begitu banyak Akibatkanya kita terpaksa terjada sampai tengah malam Alhasil bangun siang Aku yakin itu menyebalkan Kita miss beberapa hal sholat, sarapan dan rutinitas pagi lainnya Tapi ya memang kita harus menguatkan diri kita dan berusaha menyelesaikan segala pekerjaan disiang hari Sehingga kita bisa melakukan hal lainnya tepat waktu Memulai memang tidak mudah Yang pasti kita harus berusaha mencobanya Dan kuatkan pikiran dan niat Insya Alloh semua akan berjalan lancar perlahan dan pasti Semangat yang lagi berusaha memperbaiki diri :) China, February 19

Another Level of Kangen

 Akhirnya bertemu... Malam ini aku tidur pukul 9 malam. Aku merasa cukup lelah, yang biasanya tidur pukul 12 malam. Ditidurku malam ini, aku terbangun pukul 1 dini hari. Dalam beberapa hari ini aku tak berani membuka mata ketika terbangun, karena takut akan gelapnya malam. Khawatir ada sesuatu yang hadir namun aku tak mau dan tak sanggup melihatnya. Terbangun yang kulakukan hanya mengecek ponsel untuk melihat waktu. Lagi, aku kembali terbangun dipukul 03.30 aku tak beranjak dari kasurku. Aku akhirnya bertemu kembali dengannya setelah tidak saling berbalas pesan kurang lebih 10 hari. Aku hanya tidak ingin merusakan hubungan baikku denganya. Aku biarkan pesan terakhir yang dia kirimkan padaku tanpa adanya jawaban dariku. Aku menguatkan diriku untuk fokus pada studiku dan akupun berharap dia fokus pada studinya. Aku tidak mau mengganggu dan terganggu oleh hal yang memang bukan prioritas kami. Sejujurnya kami tidak akrab, hanya tahu satu sama lain untuk waktu yang singkat.  Suatu ketika ki

Kamu

Tak perlu jadi seperti orang lain Kamu sudah tepat menjadi versi dirimu Cukup terus memperbaiki diri dan upgrade value dirimu Kamu pantas untuk hidup seperti apa yang kamu inginkan Perkataan orang lain kadang benar tapi banyak juga yang tidak cocok untuk kita Karena kita yang lebih tahu siapa diri kita Tetap berjalan dijalurmu Jangan sekali-kali goyah akan celoteh manusia yang hanya karena mereka iri pada dirimu Banyak hal yang lebih penting yang bisa kamu pikirkan dan pertimbangkan Tetap kuat dan semangat Jangan lupa tersenyum Senyummu itu manis dan membuat manusia lain senyum akan senyummu China, February 18th